Pertumbuhan teknologi di dunia semakin maju dan menghasilkan banyak sekali UKM dan StartUp terutama di indonesia sendiri, untuk pertumbuhan dalam bidang bisnis tersebut sudah mulai tampak dengan hadirnya e-commerce, transportasi, travel, fashion, kedokteran dan sebagainya.

Pengertian UKM dan StartUp di Indonesia dapat anda baca dibawah ini.

Sebenarnya pengertian UKM bisa kita dapatkan dari Undang-Undang No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Ketiganya dipisahkan oleh jumlah aset dan hasil penjualan tahunan yang didapatkan oleh UKM tersebut. Seperti penjelasan dibawah ini.

Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: Maks. 50 Juta, kriteria Omzet: Maks. 300 juta rupiah.

Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: 50 juta – 500 juta, kriteria Omzet: 300 juta – 2,5 Miliar rupiah.

Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: 500 juta – 10 Miliar, kriteria Omzet: >2,5 Miliar – 50 Miliar rupiah.

Kata Start Up sering terdengar dalam beberapa tahun belakangan ini. Start Up menjadi satu model bisnis baru yang pengertiannya belum diketahui dan belum disepakati secara bersama oleh para ahli. Sehingga terkadang sangat sulit mencari perbedaan UKM dan Start UP.

Namun banyak ahli yang mengatakan bahwa apa itu Start Up, yaitu sebuah bisnis yang secara keseluruhan aktivitas usahanya memanfaatkan teknologi, terutama internet. Bahkan para konsumennya pun diharuskan untuk mengunakan teknologi agar bisa menikmati layanan perusahaan Start Up. Hal inilah yang bisa menspesifikkan beda apa itu UKM dan Start Up.

Start Up sebenarnya sudah mulai berkembang di dunia, terutama sejak akhir tahun 1990an, dimana bermunculan perusahaan-perusahaan yang berbasis model bisnisnya menggunakan teknologi. Hingga saat ini Start Up masih dikatakan sebagai sebuah bisnis rintisan yang masih menentukan model bisnis.

Perbedaan secara mendasar dari sebuah Start Up, produk atau jasa yang dihasilkan berupa produk digital bukan produk nyata yang bisa Anda pegang dan sentuh. Sebagian besar perusahaan Start Up merupakan perusahaan yang baru berdiri dan masih mencari-cari pasar yang tepat dalam pengembangan bisnis mereka.

Di Indonesia sendiri, Start Up-Start Up besar yang bermunculan dan dapat dikatakan sukses sangat spesifik. Rata-rata Start Up yang sudah sukses adalah Start Up yang bergerak pada bidang Marketplace, e-Commerce, transportasi, dan website online booking, selebihnya masih mencari jati diri.

Jika anda ingin mengerti tentang solusi anda dalam bidang UKM dan StartUp silahkan kunjungi Solusi Branding UKM atau StartUp di indonesia dan jika langsung ingin mengajukan pertanyaan seputar layanan kami silahkan ajukan pertanyaan di service forum.
Semoga apa yang kami bagikan dapat berdampak bagi anda.
Salam hangat dari kami