Solusi Branding UKM dan StartUp di indonesia

Branding : Visual images (gambar visual) yang membentuk kepribadian diri anda di mata orang lain dan bukan pencitraan semata karena didalamnya terdapat cerita anda yang real (Nyata) dan tujuan dimasa mendatang dengan dilandasi oleh kerja keras dan budaya kerja yang baik.

Banyak pemilik UKM dan StartUp secara keliru percaya bahwa biaya branding itu mahal. Dan tentu saja, ada beberapa agency yang akan membantu Anda membangun merek Anda dengan harga yang sangat tinggi sehingga kebanyakan bisnis UKM atau StartUp tidak mampu membayarnya.

Sebenarnya ada solusi branding yang bagus untuk semua orang dan tidak harus mahal. Apalagi di era digital, ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membuat bisnis anda berkesan seperti tulisan di cover google bisnis kami : Make Your Dream (Buat Mimpi Anda).

Dan apa saja yang diperlukan untuk membuat Brand Image (Pencitraan Merek) dari bisnis kecil anda beralih dari ide ke kenyataan yang sukses.

Pertama anda harus mencari tahu identitas merek (brand identity).

Sebenarnya branding itu bukan hanya logo semata karena didalamnya terdapat keinginan pelanggan anda, reputasi anda, penampilan anda dan perasaan anda.

Cerita yang berkesan dimata customer membuat anda berkesan dan pikirkan hal – hal dibawah ini :

Apakah anda berbeda dengan yang lainnya.?

Uraian keunikan serta keunggulannya bisnis yang akan dibuat, seperti produk atau jasa yang anda punya dan taukah anda bahwa itu semua jangan lari dengan harta anda yang paling berharga yaitu talenta dan keluarga, mungkin anda seorang anak yang mempunyai usaha keluarga yang turun temurun sampai anda sekarang ini atau anda yang mempunyai talenta yang unik dalam bidang apapun serta mempunyai cirikas sendiri walaupun itu banyak resiko buatlah anda menjadi seorang kreatif yang berani mengambil resiko itu dan tentu saja dengan manajemen resiko dengan baik.

Contohnya dalam kegiatan ini seperti pengusaha telur goreng. Jika selama ini telur hanya diolah dengan cara di rebus dan digoreng maka dengan cara apa lagi telur akan diolah. Maka seseorang yang memiliki insting kreatif akan mengolah dengan cara yang mungkin belum pernah dilakukan oleh orang-orang sebelumnya, seperti mengolahnya dalam oven, membakarnya diatas bara api atau ungkin membakarnya didalam api. Apakah rasanya akan enak?… tentu saja itu bagian dari resiko yang harus diambil dalam arti ada proses perbaikan di dalamnya.

Apapun itu, pembeda utama ini adalah apa yang akan membantu anda menonjol, dan pastilah sesuatu yang ingin anda bangun menjadi brand identity anda. Anda akan menarik perhatian dan membangun kepercayaan hanya dengan menjadi diri anda sendiri.

Siapa pelanggan anda?

Mungkin kedengarannya sederhana, tapi banyak bisnis belum memikirkan siapa target pemirsa mereka. Sayangnya itu tidak cukup untuk menyediakan produk atau layanan hebat:
Anda harus tahu kepada siapa anda akan mencoba menjualnya?
Berapa umur mereka?
Apa penghasilan mereka?
Jenis kelamin?
Kapan mereka akan menggunakan produk Anda dan mengapa?
Begitu anda telah mengetahui target pasar anda, anda akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk menentukan seperti apa yang seharusnya dan tampak oleh bisnis anda. Ingat, anda menunjukkan dengan tepat pelanggan ideal anda yang paling mungkin membeli produk atau layanan anda dan mencari tahu cara terbaik untuk menarik perhatian mereka. Mereka ada di luar sana dan anda hanya perlu mencari tahu siapa mereka dan bagaimana mencapainya.

Apa misi bisnis anda?

Sekarang setelah anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang siapa diri anda, kompilasi semua yang masuk ke dalam pernyataan misi kalimat 1-3. Ini harus menjadi pernyataan singkat yang menangkap esensi bukan hanya apa yang anda lakukan, tapi mengapa anda melakukannya. Ini harus bertindak sebagai lampu pemandu anda. Kapan pun anda terjebak dengan keputusan yang sulit, lihat kembali pernyataan misi anda dan ini dapat membantu anda membuat pilihan yang tepat.

Cari tahu nama yang baik untuk bisnis anda?

Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama bagi banyak pelanggan, nama bisnis anda adalah kesan itu. Di dunia perdagangan yang ketat, mendapatkan nama anda dengan benar bisa menjadi kunci kesuksesan anda, sementara nama buruk bisa menghancurkan peluang anda dengan pelanggan baru.

Tentukan tampilan brand image (citra merek)

Begitu anda mendapatkan nama dan cerita anda, anda bisa mulai memikirkan seperti apa brand image anda. Kedua hal ini adalah prasyarat karena semua ini akan pemandu anda dan seperti apa merek Anda.
Sebuah logo kemungkinan akan menjadi landasan strategi branding visual anda. Kami biasanya merekomendasikan hal ini sebagai titik awal untuk semua visual yang lain. Ingatlah untuk mengingat semua kejadian yang berbeda yang mungkin diperlukan seperti pada packaging produk (kemasan produk), website, kartu nama, company profile, brosur, spanduk, x-banner, dan lain-lain. Anda menginginkan sesuatu yang dapat Anda gunakan di mana saja dan itu akan tumbuh bersama anda di masa depan.

Temukan suara anda

Suara adalah sesuatu yang mudah diabaikan, tapi jika anda memiliki bakat untuk mengucapkan kata-kata dapat membantu membuat merek anda sangat berkesan.

Buatlah strategi pemasaran yang baik

Setelah anda melakukan semua untuk mencari tahu siapa diri anda dan membuat diri anda terlihat bagus, kreatif dan unik inilah saatnya untuk menempatkan diri anda di masyarakat atau pelanggan anda. Ini tidak selalu mudah atau nyaman dan anda mungkin akan sedikit menjenuhkan sebelum melakukan sesuatu dan itu semua perlu ketekunan.

Tetapkan diri anda sebagai otoritas

Dengan membangun diri anda sebagai salah satu yang paling kreatif dan cerdas di bidang anda, anda akan menciptakan reputasi yang unggul. Jangan ragu untuk menampilkan kepercayaan, pengetahuan dan keterampilan anda. Biarkan pelanggan tahu bahwa anda yakin dan mampu sekaligus anda tahu bidang Anda. Ini sangat penting untuk membangun kepercayaan.

Berikan produk promosi (gimmick/souvenir)

Beberapa produk promosi, seperti kaos atau bolpoin dengan nama atau logo perusahaan anda. Semua orang menyukai bolpoin gratis, tapi apakah itu cara terbaik untuk membuat pelanggan memikirkan perusahaan Anda? Hadiah gratis harus praktis dan berhubungan dengan apa yang Anda lakukan. Bagaimana dengan mug gratis untuk bisnis anda? Atau mouse pad yang bisa Anda berikan ke pelanggan setia yang selalu menggunakan layanan atau produk anda.

Berikan layanan yang profesional

Salah satu hal terbesar yang dapat membahayakan reputasi perusahaan anda adalah layanan pelanggan yang buruk. Jika pelanggan memiliki masalah, pastikan itu diperhatikan. Pelanggan Anda akan ingat dan kembali lagi setelah satu pengalaman bagus dan mereka akan membicarakan anda kepada orang lain.

Sekian dari kami semoga bermanfaat, jika anda membutuhkan solusi branding yang cepat? Silahkan tinggalkan permintaan anda dengan membuat topik pada service forum dan Kami akan segera menanggapi semua permintaan anda dengan cepat.